Rabu, 24 Februari 2010

new SEVEN wonders

about new7 wonders.com

new7wonders.com melakukan polling untuk memilih 7 keajaiban dunia baru atas sponsor Bernard Weber. Menurut Weber, dikutip dari www.detik.com, dia mensponsori acara ini sebagai bentuk keprihatinannya atas penghancuran patung Budha di afganistan tahun 2001 lalu. New7wonders.com menominasikan 21 tempat bersejarah (situs)yang kemudian dipilih oleh sekitar 100 juta orang. dari hasil polling, terpilih 7 keajaiban dunia baru, yaitu :
1. TEMBOK BESAR CINA
Diterangkan bahwa dibutuhkan waktu berabad-abad dan ribuan nyawa untuk menyelesaikan tembok cina ini. hasilnya memang enggak sia-sia. tembok besar cina dikenal sebagai tembok terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia.

2. PETRA di YORDANIA
Petra adalah kota yang dibangun dengan cara memahat dinding batu di Yordania. kota ini didirikan dengan cara menggali dan mengukir 40 meter cadas di Wadi Araba. Raja Aretas IV mendirikan kota ini supaya sulit ditembus musuh, sekaligus aman dari bencana alam seperti badai pasir.

3. PATUNG CHRIST di BRAZIL
Patung Christ Redeemer atau Kristus Penebus ini berada dipuncak gunung Corcovado. butuh waktu 5 tahun untuk menyelesaikan patung setinggi 38 meter ini. kalau ingin lihat patung ini lebih dekat, kita harus mendaki 220 anak tangga.

4. MACHU PICCHU di PERU
Machu Picchu adalah kota berlapis emas yang dibangun sekitar tahun 1440 Masehi. Kota ini dibangun setinggi 2350 meter diatas permukaan laut, ditengah-tengah rimba Amazon. Machu Picchu ditinggalkan oleh penduduknya karena wabah cacar pada tahun 1527. hampir 50% penduduk machu Picchu meninggal karena wabah itu.

5. CHICHEN ITZA di MEKSIKO
Di Chichen Itza terdapat dua cenotes (sumur alami) yang dipakai sebagai tempat pengorbanan. suku maya pada zaman dulu akan mengorbankan gadis-gadis muda ke dalam sumur ini untuk mencegah musim kering yang berkepanjangan.

6. THE ROMAN COLOSSEUM di ITALI
Colosseum di Roma punya nama asli Flavian Amphitheatre. bangunan ini didirikan sebagai tempat pertunjukan berdarah antara manusia dan binatang buas. Colosseum dibuat dalam bentuk elips atau bulat supaya pemain enggak bisa kabur ke sudut.

7. THE TAJ MAHAL di INDIA
Taj Mahal dibangun sebagai lambang cinta abadi Kaisar Shah Jahan untuk istrinya, Mumtaz Mahal. untuk menyelesaikan, Jahan mengerahkan 20 ribu tenaga kerja.


14 situs lainnya yang enggak ke pilih diantaranya adalah : Acropolis di Yunani, Alhambra di Spanyol, Angkor di Kamboja Cambodia, Stateus of Easter Island di Chili, Menara Eiffel di Prancis, Kremlin/St. Basil di Rusia, Hagia Sophia di Turki, Kuil Kiyomizu di Jepang, Benteng Neuschwanstein di Jerman, Pyramids of Giza di Mesir, Patung Liberty di USA, Stonehenge di United Kingdom, Sydney Opera House di Australia, Timbuktu di Mali.
biarpun enggak ke pilih jadi 7 keajaiban dunia baru versi new7wonders.com, 14 situs diatas enggak kalah kerennya loh.





sumber : www.new7wonders.com, www.detik.com, majalah kawanku no.31

Tidak ada komentar:

Posting Komentar