Sabtu, 27 Februari 2010

Mencegah dan Mengatasi Sakit Ringan

SAKIT KEPALA
Stres setiap hari ditambah dengan perubahan hormon membuat perempuan usia 20an dan 30an sakit kepala 3x lebih sering dibandingkan pria. Lebih dari 60% perempuan menderita migraine karena menstruasi. Sampai saat ini para ahli belum menemukan apa penyebab pastinya. Sebagian perempuan lebih sering migraine ketika kadar esterogen naik di awal siklus haid. Yang lainnya ketika esterogen turun, sebelum haid. Sebagian lagi rentan pada keduanya.

- Cara mencegah :
Tidur pada jam yang sama setiap malam, makan secara teratur, olahraga secara teratur dan terukur. Menurut para ahli, jadwal yang padat atau terlalu sibuk bisa memperparah migraine.

- Cara Mengatasi :
Jika obat yang dijual bebas tidak bisa mengatasi, dokter mungkin meresepkan obat yang diminum ketika baru muncul tanda akan migraine. Obat ini efektif untuk 80% pasien.
Cara lain untuk mengatasi tanpa obat adalah relaksasi. Dalam sebuah studi, pasien yang tak mempan diobati dengan obat konvensional, 84% mengatakan, simpton mereka menjadi lebih ringan sesudah suntikan Botox dosis rendah di dahi dan leher.



sumber : Tabloid Wanita Aura No. 14/TH. XI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar