Jumat, 12 Februari 2010

......BAHAYA MENGINTAI DALAM MAKANAN.......

  • FORMALIN
Selain digunakan sebagai pengawet jenazah, formalin juga digunakan pada kayu. namun yang mengangetkan, formalin suka dipakai untuk makanan juga. dampak negatifnya jelas banyak banget. kita akan merasa pusing, mengalami iritasi lambung, kerusakan organ hati sampai matirasa karena beberapa saraf terganggu.
  • BORAKS
Boraks dikenal sebagai bahan yang digunakan dalam industri kertas, gelas, dan keramik, bahkan pyrex dibuat dengan campuran boraks. tapi dalam makanan boraks berfungsi membuat kenyal makanan. nggak heran kalau ini kerap digunakan untuk bakso, cimol, pempek atau mie.
  • PEWARNA SINTETIS
Pewarna alami jarang dilirik pengusaha nakal, karena warnanya bakal pudar kalu dipanaskan. padahal setiap bahan sintetis yang masuk kebadan kita pasti punya efek buruk karena dapat menyebabkan kanker dan penyakit berat lainnya.
  • MELANIN
Biasanya dipakai sebagai bahan tambahan pada susu supaya seolah-olah kadar proteinnya tinggi. karena dalam proses pengenceran, kadar protein pada susu menurun.
jadi melamin adalah pengganti nitrogen yang biasanya jadi penentu kadar protein.
  • ASPIRIN
Aspirin memang ampuh untuk mengobati sakit kepala. tapi khasiatnya nggak kalah dengan pestisida, bisa mengusir jamur pada buah dan sayur. permukaan buah dan sayur pun nggak ada lubang. zat ini nggak mudah hilang sekali pun sudah di cuci bersih dan bisa merusak lambung hingga mengakibatkan kebocoran dan pendarahan.
  • KLORAMFENIKOL
Kloramfenikol memang sering digunakan sebagai antibiotik karena bisa membunuh kuman. tapi jika dalam makanan dan dikonsumsi dalam jumlah tinggi bisa bikin mual, muntah sampai gangguan pada arah.


sumber : citacinta edisi 26

4 komentar:

  1. ckckckckckck.....
    parah amat yak?
    udh berbentu apa ni di dalem badan kalo racunya nggak sengaja kita makan...
    parahh.. parahh...

    BalasHapus
  2. wah!!!!!
    u dah nyoba blum gun...

    makanya kita harus hati -hati dlm mkn sesuatu,,,,

    BalasHapus
  3. NamaNya Juga Pembantu bahan makanan... Cm orang2 Indonesia kan suka Berlebihan... jadi psti pake suatu bahan yg berlebihan..
    kaya FormaLin daN sebagainya...Ntu tergantung qta nya Masing2 udaH tau berbahaya Masih ja di pakeee Huft!!!!

    BalasHapus
  4. udah deh...
    supaya aman sob,kita nggak usah makan jaa...
    hahahahaha...

    BalasHapus